Minggu, 03 Januari 2010

Pengalaman Koperasi

Koperasi adalah Badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan dan sekaligus bertujuan untuk mensejahtrakan anggotanya.

Koperasi pertama kali berdiri di negara Inggris akibat revolusi industri.Dari situ mulai berdirinya koprasi untuk mensejahtrakan para anggotanya yang tergeser oleh mesin mesin yang membuat mereka tersingkirkan dan menganggur. Bila di Indonesia koperasi sudah berdiri sejak tahun 1947 tepatnya pada tanggal 12 Juli 1947 diselenggarakan kongres koperasi se Jawa yang pertama di Tasikmalaya yang di pimpin oleh DR. Moh Hatta.

Pengalaman saya di Koprasi ialah sewaktu SMA, di SMA terutama di SMA BHK (Bunda Hati Kudus) Cibubur, di sana ada koprasi sekolah,koprasi tersebut bertujuan untuk mempermudah para murid untuk mencari kebutuhan sekolah mereka, mengenai harga koprasi dapat bersaing dengan toko-toko yang berada di luar sekolah.Koprasi tersebut menjual peralatan sekolah seperti Pensil, Pulpen, seragam sekolah , seragam olah raga , dll.

Sayangnya perkembangan koprasi di SMA BHK sudah tidak berjalan sama sekali, bahkan saya berkunjung beberapa waktu lalu ke SMA BHK melihat bahwa koperasi di sana telah di ahli fungsikan menjadi kantin sekolah. Entah mengapa koperasi tersebut menjadi kantin,namun sangat di sayangkan sekali,jikalau bisa di perdayakan lebih maka bisa untuk penghasilan sekolah juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar